Ini Dia 7 Cara Menyapa Paling Unik dan Konyol di Dunia, No 7 Berani Coba?

Salam merupakan bentuk awalan bagi seseorang untuk menyapa orang lain atau tamu yang sedang kita jumpai di dalam maupun di luar rumah kita sebagai tanda ke akraban. Seperti juga cara komunikasi lain, salam juga sangat dipengaruhi budaya dan situasi dan dapat berubah akibat status dan hubungan sosial. Salam dapat diekspresikan melalui ucapan dan gerakan, atau gabungan dari keduanya. Setiap negara memiliki ciri khas budaya yang berbeda termasuk salah satunya dalam soal memberikan sapaan salam kepada lawan bicaranya. Agar tidak salah memberikan salam di berbagai negara, berikut ini adalah beberapa cara memberikan salam di berbagai negara yang harus kamu ketahui sebelum bepergian ke negara-negara ini. Beberapa diantaranya mungkin terlihat aneh atau konyol bagi kita, tapi itulah bentuk keberagaman budaya di dunia ini. Simak ya guys!

1. Tibet

11-9-300x199

Jika suatu saat Anda berkunjung ke Tibet, sebuah provinsi di negara Republik Rakyat China jangan heran dengan tradisi menyambut tamu disana. Pasalnya, jika dinegara kita menjulurkan lidah dianggap sebagai tanda mengejek, maka di Tibet, menjulurkan lidah kepada orang lain justru dijadikan sebagai sambutan adat dan tradisi yang sudah berlangsung turun- temurun loh. Menurut penuturan warga setempat, konon dahulu pernah ada seorang raja kejam di Tibet bernama Lang Darma yang memiliki lidah hitam. Orang Tibet percaya bahwa raja ini akan bereinkarnasi. Oleh karena itu, mereka saling menyapa dengan menjulurkan lidah mereka, untuk membuktikan bahwa mereka bukan raja jahat yang bereinkarnasi. Sejak itu, tradisi menjulurkan lidah ini terus berlangsung selama berabad-abad, dan sekarang dijadikan hanya untuk sebagai sambutan adat bagi tamu-tamu wisatawan yang ada disana guys.

2. Jepang dan Korea

22-7-300x207

Membungkuk adalah salah satu etika salam yang paling terkenal di dunia. Di Jepang, membungkuk merupakan hal yang sangat penting dilakukan ketika bertemu kolega maupun orang yang lebih tua. Cara membungkuk di Jepang biasanya dengan mencondongkan tubuh dengan punggung tegak kedepan dan kedua tangan berada di samping badan (untuk laki-laki) sedangkan kedua tangan saling mengenggam di depan badan (untuk perempuan). Saat membungkuk mata si penyapa akan menutup. Semakin lama dan rendah badan membungkuk menunjukkan hubungan emosional dan rasa hormat yang lebih mendalam. Praktek salam dengan membungkuk juga dilakukan di Korea. Di Korea sendiri setelah membungkuk akan dilanjutkan dengan menyalami orang yang disapa. Untuk lebih menunjukkan rasa hormat tangan kanan di sokong dengan tangan kiri sambil menyodorkan tangan untuk bersalaman.

3. Selandia Baru

33-7-300x200

Salam adu hidung (Hongi) adalah salam tradisional suku Maori yang tinggal di Selandia Baru. Hongi dilakukan dengan saling menyentuhkan hidung dan dahi sambil mengucapkan kia ora. Kia ora artinya semoga sehat selalu. Hongi dilakukan dua orang dengan cara saling mendekatkan wajah kemudian mempertemukan dahi dan saling menekan hidung secara bersamaan, bibir dan dagu tidak bersentuhan. Prosesi hongi berlangsung selama beberapa detik. Hongi sendiri secara bahasa bisa diartikan sebagai ungkapan berbagi kehidupan dengan cara menempelkan hidung satu dengan yang lainnya. Hongi menurut suku Maori adalah berbagi nafas kehidupan.

4. Kanada

44-5-300x178

Beda dengan suku Maori, suku Eskimo yang ada di Kanada memberi salam sapaan tidak dengan Hongi, tetapi dengan berciuman! Salam ini dinamakan dengan Kunik. Di dalam suku Inuit kamu akan mendapatkan ciuman dari pria maupun wanita disana karena ini merupakan tradisi bersalaman turun temurun dari nenek moyang mereka. Jadi, jangan kaget kalau tiba-tiba ada yang mencium bibir kamu guys.

5. China

55-4-300x169

Di China, secara tradisional orang memberi salam dengan cara mengangkat kedua tangan ke depan dada. Tangan kanan dikepalkan seperti mau bertinju, tangan kiri menutup kepalan tangan itu. Sementara posisi badan sedikit membungkuk.

Gerakan salam ini disebut Baoquan. Artinya, memeluk tinju. Baoquan sebenarnya merupakan tradisi salam dari seniman beladiri yang sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu yaitu Shaolin.

6. Arab Saudi

66-3-300x200

Gaya bersalaman seperti cipika cipiki umum dijumpai dilakukan oleh laki-laki di Arab Saudi. Bukan sekedar cipika-cipiki, mereka melakukan cium pipi sebanyak tiga kali loh. Bahkan mereka mengakhiri cium pipi tersebut dengan saling menempelkan hidung jika hubungannya sudah sangat dekat.

7. Kenya

77-1-300x193

Nah ini merupakan salah satu salam sapaan paling aneh serta gila guys! Bagaimana tidak, justru ungkapan salam ini dipercaya sebagai ungkapan rasa saling menghormati dan menyayangi antar sesama serta tamu. Meludah adalah ungkapan salam dari suku Maasai di Kenya dan Tanzania. Caranya ialah meludahi wajah lawan bicaranya berkali-kali hingga penuh liur di wajah, semakin banyak semakin tinggi rasa saling menghormatinya. Berminat guys?

Nah itulah tadi 7 tradisi salam paling unik dan aneh. Semua itu hanyalah tradisi yang harus dihormati guys. Semoga tulisan di atas dapat menambah wawasan kamu ya guys, terima kasih.