5 Negara Dengan Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim. Ada banyak hal yang telah dipersiapkan oleh para Muslim di berbagai belahan dunia untuk menyambut bulan yang penuh rahmat ini. Selain melakukan banyak persiapan secara fisik agar kuat dalam menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, umat Muslim juga melakukan persiapan mental dengan peningkatan kualitas amal dan ibadah. Bulan Ramadhan sementara waktu lagi akan tiba, tinggal menghitung beberapa hari lagi semua umat Muslim dunia akan segera bertemu dengan bulan yang diklaim sebagai bulan paling mulia dalam kalender umat Muslim tersebut.

Selama satu bulan penuh umat Muslim akan dilatih kesabarannya dengan cara berpuasa serta menahan segala hawa nafsunya, baik itu nafsu makan serta minum, juga nasfu menahan emosi serta perasaan iri dengki dalam diri manusia. Buat mempersiapkan penyambutan bulan penuh berkah ini, semua masyarakat Muslim dunia punya cara sendiri untuk penyambutannya. Berikut deretan negara dengan tradisi unik umat Muslim nya menyambut bulan suci Ramadhan. Simak ya guys!

1. Mesir

lampu-fanus-mesir-300x191

Sebagai salah satu negara yang didominasi penduduk beragama Islam, Mesir juga mempunyai sebuah tradisi unik buat menyambut bulan suci Ramadhan. Umat Muslim yang terdapat di Mesir tepatnya pada kota Kairo, menjelang bulan Ramadhan biasanya akan memasang semacam lampu gantung tradisional bernama Fanus pada setiap tempat tinggal mereka. Tradisi unik kaum Muslim yang ada di Mesir ini sudah dimulai sejak zaman Dinasti Fattimiyah.

Ketika itu lampu Fanus biasa di pasang guna menyambut kedatangan armada pasukan asal kerajaan yang tiba mengunjungi wilayah itu setiap menjelang bulan Ramadhan. Tradisi ini terus berlanjut sampai sekarang dan setiap bulan Ramadhan tiba, warga Kairo akan berbondong-bondong membeli lampu Fanus untuk menghiasi rumah mereka, tradisi ini membuat kota Kairo jadi penuh warna dan terlihat semakin terang pada bulan Ramadhan.

2. India

india-300x178

Selanjutnya kita beralih ke negara yangg populer menggunakan produksi film Bollywoodnya yg sudah terkenal diseluruh dunia, yaitu India. Negara yang secara umum di dominasi penduduknya beragama Hindu ini, ternyata juga terdapat sebuah tradisi unik yg di lakukan masyarakat Muslim di sana menjelang Ramadhan, yaitu Ramazan. Para pria Muslim disana akan menghiasi mata mereka menggunakan Kohl (sejenis celak mata), sebuah tradisi yang hampir mirip dengan yang di lakukan oleh orang Jawa saat menyambut datangnya bulan Suro. Sedangkan buat hidangan berbuka puasa masyarakat Muslim India biasa mengkonsumsi kuliner yang berasal dari bihun serta ghangui atau semacam sup yang terbuat dari tepung terigu, beras serta potongan daging. Sup ini hampir selalu di temui di Masjid-Masjid yg terdapat pada India selama bulan puasa. Dan untuk hidangan sahur mereka biasa mengkonsumsi sejenis minuman khusus yg terbuat dari sari kacang-kacangan dan bebijian lain yang dinamakan Harir.

3. Arab Saudi

arab-saudi-300x166

Salah satu negara yg mempunyai penduduk mayoritas Muslim, kemeriahan bulan Ramadhan di Arab Saudi sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya ialah tradisi “Meriam Ramadhan” yang terdapat di kota Makkah Al-Mukarramah, tradisi unik ini dipergunakan sebagai tanda awal datangnya bulan suci Ramadhan.

Meriam ini akan di bunyikan pada malam hari, tepat sebelum bulan puasa tiba. Selain itu, meriam juga akan di bunyikan sebagai pertanda berbuka puasa, ketika sahur dan juga datangnya waktu Imsyakiyah. Meriam yg di letakkan pada sebuah bukit bernama “Gunung Meriam” yang lokasinya berdekatan dengan Masjidil Haram ini akan senantiasa berbunyi sepanjang bulan puasa, hingga akhirnya di bunyikan untuk terakhir kali pada hari terakhir di bulan Ramadhan serta menjadi pertanda masuknya hari raya Idul Fitri.

Sesudah itu meriam akan di kembalikan ke tempatnya semula yaitu ke daerah bernama ‘Azizah sampai akhirnya di kembalikan lagi ke “Gunung Meriam” di bulan Ramadhan berikutnya.

4. Albania

Lodra-Albania-300x205

Tradisi yang telah dilakukan turun temurun warga Muslim Albania ini memakai dua bedug besar yang ditabuh dan yang unik keduanya menghasilkan dua suara yang berbeda.

Bedug-bedug besar ini terbuat dari kulit Kambing dan Domba. Pemukulnya menggunakan stik yang berbeda, Itulah asalnya mengapa suara yang dihasilkan dari dua bedug ini juga berbeda.

Selain itu, tradisi ini juga menampilkan berbagai macam alat perkusi yang semakin menambah kaya suara bedug Lodra. Biasanya tradisi ini dilakukan warga Albania saat menjelang waktu berbuka puasa dan sahur.

5. Indonesia

ZIARAH-300x181

Sebenarnya banyak tradisi unik dari masyarakat Muslim di Indonesia guys, namun yang saya tulis disini merupakan tradisi yang paling sering dilakukan di Indonesia yaitu ziarah ke kuburan leluhur. Ziarah menjadi sebuah kegiatan wajib yang dilakukan oleh masyarakat Jawa. Begitu juga ziarah kubur jelang bulan puasa yang disebut dengan Nydaran, tradisi Nyadran ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah. Nyadran adalah tradisi pembersihan makam yang umumnya dilakukan di pedesaan. Selain membersihkan makam leluhur dan tabur bunga, masyarakat Jawa Tengah juga melakukan selamatan atau kenduri di makam leluhur.

Nah begitulah tadi deretan tradisi unik umat Muslim di dunia menyambut Ramadhan guys, kalau kamu sudah melakukan persiapan menyambut Ramadhan secara maksimal belum guys? Semoga Info di atas dapat menambah wawasan Anda ya guys. Terima kasih.