Yuk Intip 5 Pedang Paling Melegenda di Dunia

Pedang adalah sejenis senjata tajam yang memiliki bilah panjang. Pedang dapat memiliki dua sisi tajam atau hanya satu sisi tajam saja. Di beberapa kebudayaan, jika dibandingkan senjata lainnya, pedang biasanya memiliki prestise lebih atau paling tinggi. Pedang merupakan jenis senjata yang umum digunakan dalam perang-perang atau perkelahian sejak zaman dulu. Ada yang berpendapat bahwa pedang pertama kali muncul pada Zaman Perunggu, terbuat dari tembaga dan ditemukan di situs Harappa di Pakistan. Pedang Abad Pertengahan dibuat dari besi dan baja, pada waktu itu pedang mulai diproduksi massal dan digunakan dalam pertempuran. Nah, berikut info beberapa pedang melegenda dan paling terkenal di dunia. Dibaca ya guys!

1. Tizona

Tizona-piwanoke-300x177

Tizona adalah pedang yang digunakan oleh El Cid untuk melawan bangsa Moor. Pedang ini merupakan salah satu peninggalan yang paling dihargai di Spanyol dan pedang tersebut diyakini telah ditempah di Cordoba, Spanyol, walaupun mata pedangnya dibuat dari baja Damascus, Timur Tengah. Tizona memiliki panjang 103 cm/40.5 inci dan berat 1,1 kg/2.4 pound ini berisikan dua prasasti yang terpisah, dengan satu daftar tanggal pabrik 1002 M dan lainnya bertuliskan doa Katolik Ave Maria. Tizona saat ini dipajang di Museo de Burgos di Spanyol.

2. Seven Branched Sword

seven-300x225

Pedang ini berukuran sekitar 74,9 cm terbuat dari besi panjang dengan enam tonjolan cabang jika dilihat sekilas mirip dengan kaktus. Pedang ini diciptakan Dinasti Baekje untuk keperluan upacara dan tidak digunakan untuk pertempuran.

Pada tahun 1870 seorang pendeta Shinto bernama Masamoto Kan menemukan dua tulisan di tujuh cabang-cabang Branched Sword. Salah satunya menyatakan, ” Siang hari pada hari keenam belas bulan ke sebelas tahun keempat era Taiwa, pedang ini terbuat dari baja yang dikeraskan 100 kali. Menggunakan pedang ini mengusir 100 tentara musuh, sungguh pantas untuk Raja yang Mulia “

Branched Sword ini mengandung banyak pernyataan, tapi yang paling kontroversial adalah penggunaan frasa ” Yang Mulia Raja ” mungkin untuk menggambarkan Raja Wa yang tunduk kepada penguasa Baekje.

Pedang ini merupakan ikon sejarah yang sangat penting dan menunjukkan bahwa hubungan antara negara-negara asia timur memang benar terjalin baik pada masa itu. Kini pedang cabang tujuh ini berada di Kuil Isonokami di prefektur Nara Jepang dan tidak untuk dipamerkan ke publik.

3. Sword Of Mercy

Sword-of-Mercy-300x185

Pedang Mercy adalah senjata terkenal yang dulu dimiliki Edward Confessor. Edward Confessor adalah salah satu raja Anglo-Saxon terakhir Inggris sebelum Penaklukan Norman dari 1066 M. Ia memerintah kerajaan dari 1042M hingga 1066M dan pemerintahannya telah ditandai oleh runtuhnya disorganisasi kekuasaan kerajaan di Inggris. Tak lama setelah kematian Edward Confessor, para Normandia mulai memperluas ke Inggris, dipimpin oleh William sang Penakluk.

Pedang Mercy memiliki pisau patah, yang memotong pendek dan membentuk persegi. Pada tahun 1236M, senjata itu diberi nama Curtana dan sejak itu digunakan untuk upacara kerajaan. Pada zaman kuno itu adalah suatu kehormatan untuk memegang pedang ini sebelum raja. Ini dianggap sebagai isyarat belas kasihan. Cerita terjadinya pisau patah menurut mitologi menunjukkan bahwa ujungnya patah oleh seorang malaikat yang mencegah pembunuhan yang salah oleh pasukan kerajaan.

4. Napoloeon Sword

napoleons_sword_24-300x200

Di medan perang Napoleon selalu membawa sebuah pistol dan pedang. Ia memiliki banyak koleksi senjata dan artileri. senjata-Nya adalah salah satu dari jenis dan termasuk bahan terbaik. Pada musim panas 2007, sebuah pedang emas bertatahkan yang dulu milik Napoleon dilelang di Perancis dan terjual dengan harga lebih dari $ 6.400.000. Pedang digunakan oleh Napoleon dalam pertempuran. Pada awal 1800-an, Napoleon memberikan senjata kepada saudaranya sebagai hadiah pernikahan. Pedang itu diwariskan dari generasi ke generasi, tidak pernah ditinggalkan keluarga Bonaparte. Pada tahun 1978, pedang itu dinyatakan sebagai harta nasional di Perancis.

5. Zulfikar

zulfikar-300x191

Ya, Zulfikar dikatakan oleh para sejarawan sebagai salah satu pedang legendaris di dunia. Tak hanya karena fisiknya yang luar biasa, tapi juga cerita sejarah dan juga soal rumor-rumor yang menyelimutinya. Misalnya saja tentang keberadaan Zulfikar yang disembunyikan dan baru akan ditunjukkan jika sang Mahdi yang sesungguhnya sudah muncul.

Zulfikar adalah pedang kuno yang dimiliki oleh Syaidina Ali bin Abi Thalib. Ali adalah sahabat sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW. Ia memerintah kekhalifahan Islam pada tahun 656-661 M. Dengan beberapa catatan sejarah, Nabi Muhammad SAW memberikan pedang Zulfikar pada syaidina Ali pada Pertempuran Uhud. Pedang Zulfikar adalah salah satu simbol Islam dan dikagumi oleh jutaan orang.

Itulah beberapa pedang paling terkenal di dunia, setiap pedang memiliki ciri khas dan juga sejarah tersendiri. Semoga menambah wawasan anda ya guys!