Pasukan Elite Terkuat di Dunia

Setiap negara pasti memiliki sebuah pasukan khusus yang dipilih serta dilatih untuk melaksanakan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, dan pertahanan dalam negeri. Pasukan ini terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, bekerja secara mandiri dan sering dijuluki ‘siluman’ karena mereka adalah tentara-tentara pilihan dan jelas mempunyai kemampuan di atas rata-rata, berkecepatan tinggi, serta dipersenjatai dengan senjata khusus. Namun, keberadaan pasukan khusus ini jarang sekali di jumpai, tetapi keberadaan nya sering kita temukan di dalam sebuah film-film action. Berikut beberapa pasukan khusus terkuat di dunia.

GIGN, Perancis

GIGN atau Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale adalah satuan militer yang dilabeli sebagai pasukan khusus. Para militer berarti anggota dari kesatuan ini berasal dari Polisi, bukan tentara. Mereka dididik dan dibentuk dengan metode pelatihan yang berat dan selektif, sehingga pasukan ini memiliki berbagai keahlian khusus, mirip seperti SWAT-nya Amerika Serikat atau Densus 88-nya Polri.

Insipirasi pembentukan GIGN sendiri datang dari sebuah peristiwa tragis yang terjadi di Jerman pada tahun 1972. Saat itu, para teroris membunuh para atlet Israel yang sedang mengikuti Olimpiade Munich tahun 1972. Sebagai sebuah negara yang juga terletak di benua biru, Perancis tidak ingin peristiwa semacam itu terjadi di negerinya sendiri. Untuk itulah mereka membentuk pasukan khusus yang bertugas mencegah para teroris yang mencoba membuat ulah di negeri menara Eiffel itu. Kemampuan yang wajib dimiliki untuk menjadi bagian dari pasukan GIGN ini adalah kepiawaian menggunakan senjata, menembak jarak jauh, menjinakkan bom, penyergapan, dan yang paling penting adalah harus memiliki kemampuan hebat ketika bertarung dengan tangan kosong.

SSG, Pakistan

Special Service Group (SSG) merupakan pasukan khusus Pakistan dengan jumlah tentara sebanyak 2.100 orang, dalam 3 batalion, namun diperkirakan bahwa jumlahnya telah meningkat menjadi 10 batalion, dengan adanya 2 brigadir pasukan spesial. Angkatan ini diciptakan pada tahun 1973, pasukan ini terlatih ketika menghadapi sabotase, penyanderaan dan pertarungan satu lawan satu dengan berbekal senjata dan intelegensi mereka. Peristiwa yang paling diingat dunia adalah ketika mereka menyelamatkan anak-anak dan guru di dalam bus yang dibajak. Saat masih berlangsung negosiasi, pasukan ini datang menyergap dengan gas air mata kemudian langsung membunuh tiga pembajak.

KOPASSUS, Indonesia

Komando Pasukan Khusus yang disingkat Kopassus adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Kopassus dibentuk sejak 26 Desember 1986, Kopassus sendiri memiliki kemampuan tempur yang sangat luar biasa seperti hidup didalam hutan dan rawa, bergerak cepat di setiap medan, menembak tepat sasaran, pembebasan sandera serta pasukan anti-teror. Insiden pembajakan di Bangkok ialah menjadi bukti nyata kehebatan pasukan yang dimiliki Indonesia ini, Insiden yang dikenal sebagai Operasi Woyla. Operasi yang dipimpin langsung oleh Sintong Panjaitan tersebut berhasil membunuh semua pembajak dan berhasil membebaskan semua sandera yang ada di dalam pesawat.

NAVY SEAL, Amerika Serikat

Bagi Anda yang suka nonton film-film aksi Hollywood, nama Navy SEAL tentu sudah tak asing lagi. Ketangguhan dan kehebatan pasukan khusus Angkatan Laut AS ini sudah beberapa kali ditampilkan dalam film, misalnya Navy SEALs (1990) yang dibintangi Charlie Sheen, The Rock (1996) yang menampilkan Sean Connery dan Nicolas Cage, serta G.I. Jane (1997) dengan bintang Demi Moore. Pasukan khusus ini mulai dikenal luas sejak keterlibatan mereka dalam Perang Vietnam, perang besar pertama yang sering diliput media. Dalam perang itu, prajurit-prajurit SEALs dikabarkan mampu bertarung satu lawan satu dengan tentara Vietcong dan terlibat dalam operasi-operasi rahasia bersama CIA.

Namun, bagi para mantan anggota Navy SEALs, citra yang ditampilkan dalam film itu jauh dari kenyataan. ”Orang-orang yang ingin jadi Rambo biasanya justru tidak lulus pelatihan SEALs. Jika Anda tidak bisa menjadi anggota tim yang baik, sekaligus bisa berfungsi secara mandiri, biasanya tak akan tahan lama dalam latihan SEALs,” tutur Brandon Tyler Webb, mantan penembak jitu SEALs. Di dalam Navy SEALs, terdapat kesatuan yang lebih elite bernama Naval Special Warfare Development Group (sering disingkat DevGru) atau lebih populer dengan sebutan SEALs Team Six (ST6).

Seal Team 6 (ST6) saat ini menjadi buah bibir masyarakat dunia. Tim “Super Elit” Amerika itu berhasil menewaskan Osama Bin Laden dalam suatu operasi militer yang sangat rahasia. ST6 adalah pasukan khusus Amerika terbaik yang misterius. Tim elit ini keberadaannya secara teknis tidak diakui, tetapi berhasil melakukan berbagai operasi militer rahasia yang besar di dunia Internasional.

SAS, Inggris

SAS merupakan singkatan dari Special Air Service, merupakan salah satu pasukan elit dunia milik Inggris yang dibentuk pada 31 Mei 1950. Pasukan inilah yang menjadi kunci kemenangan Inggris dalam perang dunia II. Persyaratan fisik yang keras seperti berjalan dengan memikul beban lebih dari 30 kg dengan jarak tempuh 40 mil dengan paket lengkap yang harus selesai dalam waktu 20 jam. Calon juga harus mampu berenang dua mil dalam satu jam setengah. Setelah ini, calon mengikuti pelatihan di hutan untuk belajar keterampilan bertahan hidup dan navigasi. Tes terakhir adalah sesi interogasi selama 36 jam dimaksudkan untuk menjaga kerahasiaan pribadi kandidat. Sekelompok orang yang mampu melalui ini bisa langsung masuk operasi untuk pelatihan lebih lanjut. SAS juga dilatih oleh MI5 dan MI6 intelijen untuk melakukan operasi kontra-spionase.

Itulah beberapa pasukan khusus terkuat di dunia berdasarkan pelatihan dan prestasi diatas rata-rata. Sebagai salah satu negara yang memiliki pasukan khusus terkuat di dunia, sudah selayaknya kita memberikan dukungan penuh kepada segenap prajurit berprestasi tersebut.