3-17-800x300

5 Monster Lautan Dalam Mitologi Masyarakat Dunia

Monster laut adalah makhluk mistis yang menghuni lautan, seringkali diyakini berukuran sangat besar. Monster lautan dapat berwujud beraneka ragam, meliputi naga laut hingga monster berlengan banyak. Wujudnya bisa mulus atau bersisik dan seringkali digambarkan mengancam kapal-kapal atau menyemburkan air. Definisi tentang “monster” bersifat subjektif, dan beberapa monster laut mungkin saja merupakan hewan-hewan yang dikenal secara ilmiah namun dilebih-lebihkan, misalnya paus dan jenis cumi-cumi raksasa dan cumi-cumi kolosal. Berikut beberapa ‘monster lautan’ dalam mitologi masyarakat di dunia! Mungkin memang benar adanya, mungkin juga hanya sebuah mitos.

1. Hydra

1-28-300x206 Hydra adalah monster air mirip ular besar dengan banyak kepala dan racun yang sangat kuat hingga nafasnya saja mampu menewaskan manusia. Darahnya juga sangat beracun hingga bekasnya saja juga mematikan. Masyarakat Yunani kuno mengatakan bahwa Hydra memiliki kepala yang lebih banyak dari yang bisa dilukis pelukis. Dalam mitologi Yunani, Hydra adalah monster berkepala 9 yang merupakan anak dari Tifon dan Ekhidna. Satu dari sembilan kepala Hydra abadi, sedangkan delapan kepala lainnya mampu beregenerasi apabila dipotong. Hydra tinggal bersama seekor kepiting raksasa. Sarang Hydra ada di danau Lerna yang terletak di bagian kuno Peloponnese. Hydra mengintai di gua bawah air yang dikatakan sebagai pintu masuk dunia bawah. Hydra adalah monster kedua yang harus dihadapi Hercules dalam 12 tugasnya. Menyadari bahwa pukulan biasa tidak berguna dalam mengalahkan Hydra, Hercules membuat rencana. Ia memenggal satu kepala Hydra dan membakar sisa bekas lukanya sehingga Hydra tidak bisa memunculkan kepala lagi. Dengan taktik ini, ia bisa memenggal semua kepala Hydra dan membunuhnya.

2. Jormungandr

2-35-300x241 Jormungandr adalah ular raksasa dalam legenda bangsa Viking. Jormungandr sering disebut ular dunia atau ular Midgard merupakan anak Loki dan raksasa Angerboda. Jormungandr melambangkan kejahatan, ia dapat membunuh mangsanya dengan cara membelitnya. Selain itu, racunnya juga sangat mematikan, bahkan bagi dewa sekalipun. Jormungand adalah musuh Thor yang paling berbahaya. Untuk mengurung Jormungandr yang terus tumbuh, Odin melempar ular itu ke laut. Namun Jormungandr tumbuh begitu besar hingga tubuhnya sepenuhnya melingkupi dunia. Pada bentrokan pertama antara Thor dan Jormungandr, Thor gagal membunuh ular itu. Thor pada awalnya berhasil menjerat Jormungand seperti ikan. Lalu Thor berusaha memukul kepala Jormungand dengan palunya, Mjollnir. Namun raksasa Hymir, yang ketakutan, memotong tali pancing Thor sehingga Jormungandr berhasil kabur. Dalam Ragnarok, Jormungandr berhasil melepaskan diri dari kurungan bawah lautnya. Thor kembali bertarung dengan ular ini dan kali ini Thor sukes membunh Jormunganr dengan Mjollnir. Namun akhirnya Thor juga harus tewas akibat racun Jormungandr.

3. Loch Ness

3-17-300x165 Sebagian orang percaya bahwa monster Loch Ness adalah sejenis Dinosaurus yang berhasil selamat dari kepunahan, hidup melalui zaman es dan menemukan tempat bersarang di perairan dataran tinggi yang terlindung. Monster Loch Ness dipercaya hidup di kedalaman danau di dataran tinggi Skotlandia. Danau ini memiliki air dingin dan tenang dengan panjang 39 km dan kedalaman 131 meter. Berbagai saksi mengaku telah melihat Loch Ness dan menggambarkannya sebagai hewan laut raksasa dengan leher panjang, memiliki enam punuk dan kepala reptil. Terlepas apakah kesaksian ini akurat atau tidak, legenda tentang monster Loch Ness telah menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia. Meskipun monster Loch Ness bisa saja merupakan jenis hewan laut apapun, banyak ilmuwan beranggapan itu adalah sejenis gastropoda atau siput laut besar.

4. Kraken

4-21-300x169 Kraken adalah monster laut mitologi dari Norwegia yang juga sering disebut dalam legenda negara-negara Skandinavia lainnya. Menurut mitos, kraken menghuni perairan lepas pantai Norwegia dan Islandia. Beberapa penulis menemukan bahwa kisah tentang kraken cukup menarik untuk dijadikan tema. H.P. Lovecraft, misalnya, menulis tentang versi kraken yang dikenal sebagai Cthulu. Monster ini juga muncul dalam berbagai puisi dan karya sastra karangan berbagai penulis seperti Tennyson, Verne, dan Tolkien. Banyak dongeng dan lukisan menggambarkan kraken. Monster ini biasanya digambarkan sebagai monster laut yang memiliki banyak lengan mirip gurita atau cumi-cumi. Dalam semua cerita, kraken dideskripsikan sebagai makhluk haus darah yang mampu menghancurkan kapal dan memangsa awak kapal. Kraken disebut lebih memilih mengintai di kedalaman air dengan hanya secara periodik muncul ke permukaan. Kraken muncul ke permukaan ketika merasa lapar atau terganggu, seperti ketika sebuah kapal besar berlayar melintas di atasnya. Cerita tentang kraken lazim digunakan untuk menjelaskan kapal-kapal yang tidak pernah kembali setelah berlayar. Sebagian sejarawan menyarankan bahwa mitos kraken mungkin didasarkan pada keberadaan makhluk nyata.

5. Leviathan

5-18-300x126 Leviathan adalah salah satu tokoh di Talmud Yahudi (Perjanjian lama, Alkitab), seekor monster terganas yang mengarungi samudera. Menurut legenda Yahudi Kuno, Leviathan memakan satu ekor paus dalam sehari dan memiliki mata yang bercahaya dalam kegelapan malam. Leviathan dikatakan sebagai monster laut yang terbesar dan terkuat. Penguasa hewan-hewan laut adalah Leviathan. Makanannya terdiri dari ikan-ikan yang mengorbankan diri ke rahangnya. Jika ia lapar, nafas panas yang disemburkan dari lubang hidungnya dapat membuat air laut bergolak panas. Sisik Leviathan memancarkan cahaya yang sangat terang walaupun baunya menjijikan. Nah, itulah tadi info tentang monster-monster lautan menurut mitologi masyarakat dunia. Kita boleh saja mempercayainya, karena Tuhan menciptakan makhluk dengan sesempurna dan sehebat mungkin untuk dijadikan makhluk hidup. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengumuman

Tersedia berbagai permainan menarik tanpa didownload.