Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari wortel termasuk mengurangi kolesterol, pencegahan dari serangan jantung, menolak dari kanker tertentu, meningkatkan penglihatan dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Wortel juga memberikan vitamin dan mineral. Wortel adalah salah satu sayuran yang paling banyak digunakan dan dinikmati di seluruh dunia, wortel tumbuh relatif mudah, dan sangat fleksibel dalam sejumlah masakan.

Wortel  secara ilmiah diklasifikasikan sebagai Daucus carota, dan ini dikategorikan sebagai sayuran berakar. Akar wortel adalah bagian dari sayuran yang paling sering dimakan, meskipun sayuran masih bermanfaat dalam salad dan bentuk lainnya.Banyak manfaat dari wortel bersama dengan rasa lezat yang membuat sayuran ini penting dalam masakan di seluruh dunia,

Sayur berakar ini juga merupakan sumber yang baik bagi agen antioksidan. Selain itu, wortel kaya akan vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, vitamin B8, Asam Pantotenat, folat, potasium, besi, tembaga, dan mangan. Wortel mengandung hanya 44 kalori per 100 gram.

Manfaat kesehatan dari wortel :

  • Mencegah penyakit jantung : Kolestrol tinggi adalah faktor utama untuk penyakit jantung. Karena mengkonsumsi wortel secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol, ini merupakan cara yang baik mencegah masalah-masalah yang berhubungan dengan jantung. Sekelompok ilmuwan Swedia menemukan bahwa sayuran berakar ini dapat mengurangi kemungkinan mengalami serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Mario Negri Institute of farmakologis Research di Italia menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi lebih banyak dapat menghindarkan risiko serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit wortel.
  • Mencegah tekanan darah : Wortel merupakan sumber yang kaya kalium, yang merupakan vasodilator yang dapat melancarkan ketegangan dalam pembuluh darah dan arteri sehingga meningkatkan aliran darah dan sirkulasi. Wortel juga bermanfaa meningkatkan fungsi organ seluruh tubuh dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Tekanan darah tinggi terkait dengan aterosklerosis, stroke dan serangan jantung, jadi wortel adalah salah satu cara untuk menjaga agar aliran darah bersikulasi dengan normal.
  • Meningkatkan sistem kekebalan : Wortel mengandung sejumlah kemampuan antiseptik dan antibakteri yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya itu, wortel adalah sumber yang kaya vitamin C, yang merangsang aktivitas sel darah putih dan merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.
  • Menjaga kestabilan pencernaan : Wortel seperti kebanyakan sayuran, memiliki sejumlah besar serat di akar , dan serat adalah salah satu elemen yang paling penting dalam menjaga saluran pencernaan. Serat menambah jumlah besar tinja, yang membantu untuk melancarkan saluran pencernaan dan juga merangsang gerak peristaltik dan sekresi cairan lambung. Hal ini dapat mengurangi keparahan seperti sembelit dan melindungi kolon dan lambung dari berbagai penyakit serius, termasuk kanker kolorektal.
  • Meningkatkan penglihatan : Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kesulitan melihat dalam cahaya redup. Wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah kondisi seperti kebutaan malam.
  • Mencegah Stroke : Makan wortel setiap hari mengurangi risiko stroke hingga 68%. Banyak studi yang memperkuat kepercayaan dalam efek wortel pada otak. Studi yang dilakukan pada pasien stroke mengungkapkan bahwa pasien yang mengkonsumsi wortel secara rutin dapat meningkatkan kelangsungan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *