Yuk Baca Tanda-Tanda ‘Kematian’ Menurut Medis Dan Agama

Kematian mungkin memang menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Namun, waktu persis kematian tidak lah ada satu manusia pun mengetahuinya, tak seperti mengetahui kondisi kehamilan ataupun kelahiran yang mungkin sudah banyak tanda-tanda nya. Merawat orang tua atau kerabat yang sudah lanjut usia atau yang sedang sakit parah sering kali mendatangkan kekhawatiran. Pada umumnya, kekhawatiran tersebut disebabkan kita tidak tahu bagaimana cara mengenali waktu-waktu hidup terakhir seseorang. Mengetahui waktu menjelang kematian menjadikan mental kita lebih siap dan waspada. Disini kita akan bahas tanda-tanda umum seseorang yang akan mengalami kematian menurut ilmu kedokteran dan menurut ilmu agama. Simak ya guys!

1. Mengalami Gangguan Saat Bernapas

Gejela ini disebut juga dengan Cheynes-stokes respiration, hal ini biasanya terjadi saat seseorang sedang tidur ataupun terjaga. Yaitu gejalanya napas berubah menjadi lebih cepat, lebih dalam, dan lebih tidak teratur. Bisa jadi terdapat jeda beberapa waktu di sela tarikan napas.. Dalam waktu pendek, jantung menjadi lemah serta terlalu banyak bekerja, ini membuat tubuh hiperventilasi (bernapas normal cepat) serta sesudah itu, tidak ada energi lebih untuk bernapas untuk waktu waktu lama (apnea). Selain itu tubuh secara alami memproduksi dahak di dalam sistem pernapasan. Dahak ini secara alami akan terbuang melalui batuk. Namun jika tubuh sudah tidak banyak bergerak dan mendekati kematian, dahak menumpuk dan menimbulkan bunyi pada tarikan napas. Hal inilah yang membuat orang yang sekarat terdengar seperti mendengkur atau ngorok.

2. Suhu Tubuh Tidak Teratur

Turunnya temperatur tubuh seiring dengan kematian disebut juga dengan Algor mortis. Terjadi bila suhu diluar lebih dingin dari suhu tubuh. Orang yang meninggal di lantai kamar mandi lebih cepat turun suhu tubuhnya daripada orang yang meninggal di luar ruangan, anak kecil lebih cepat turun suhu tubuhnya daripada orang gemuk. Tetapi normalnya perlu 24 jam sampai tubuh benar-benar menjadi dingin atau suhu tubuhnya sama dengan lingkungan sekitar.
Proses sekarat mulai terjadi ketika tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan untuk bisa bertahan hidup. Sel yang berbeda akan memiliki kecepatan kematian yang berbeda pula, sehingga panjangnya proses seseorang sekarat tergantung pada sel-sel yang kekurangan oksigen ini.

3. Tidak Bisa Mengontrol Buang Air Kecil

Kehilangan kemampuan untuk mengontrol saluran kencing karena tidak berfungsinya otot pada area pelvis. Tanda-tanda seperti ini merupakan gejala seseorang yang mengidap penyakit pada saluran prostatnya.

4. Telapak Tangan dan Kaki Terasa Dingin

Perubahan sirkulasi tubuh dapat menyebabkan kaki dan tangan seseorang terasa dingin. Kekurangan oksigen dalam darah dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi kebiruan atau sianosis. Kaos kaki dan selimut mungkin dapat menghilangkan rasa dingin.

5. Halusinasi dan Gelisah

Seseorang yang menjelang kematian biasanya linglung dan juga merasakan halusinasi yang berat. Disorientasi ini dapat membuat seseorang resah dan susah tidur. Kedua hal ini dapat terjadi karena perubahan keseimbangan bahan kimia dalam otak dan konsumsi obat-obatan. Di saat lain, kondisi ini dapat membuat pasien merasa frustrasi, seperti meminta untuk dipindahkan dari tempat tidurnya.

Nah sekarang kita akan hubungkan dengan tanda-tanda menjelang kematian menurut agama Islam guys, berikut penjelasannya.

1. Tubuh Terasa Menggigil

Tanda-tanda kematian ini muncul dirasakan setelah masuk waktu Asar, yaitu seluruh tubuh akan terasa menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tanda-tanda kematian ini akan terasa nikmat dirasakan bagi orang yang tingkat keimanannya tinggi, dan dapat menerima bahwa ini isyarat dari Allah tentang ajal sudah dekat. Tapi bagi yang tingkat keimanannya rendah, terkadang mereka bingung, dan bahkan ada yang tak sadar bahwa ini isyarat kematian dari Allah SWT.

2. Bagian Pusat Terasa Berdenyut

Tanda-tanda kematian ini juga muncul setelah masuk waktu asar, bagian pusat dari tubuh kita akan berdenyut. Itu pertanda bahwa daun yang tertulis nama kita dari pohon yang terletak di Arshy Allah SWT telah gugur.

Lalu malaikat maut mengambil daun tersebut dan segera membuat persiapan, diantaranya mulai mengawasi kita setiap saat. Sesekali malaikat maut menampakkan dirinya kepada orang yang akan dicabut nyawanya dalam wujud manusia, dan seketika itu pula orang itu akan terasa terkejud dan bingung melihat malaikat maut dan merasakan halusinasi-halusinasi.

3. Selera Makan Hilang Timbul

Tanda-tanda kematian ini hanya diberikan Allah terhadap orang yang diuji Allah dengan Sakit, biasanya orang yang sedang sakit tak selera makan, namun tiba-tiba ingin makan. Ini merupakan isyarat dari Allah bahwa kematian memang benar-benar sudah dekat. Dan di sarankan jika sudah merasa ajal Anda sudah dekat sebaiknya Anda berpuasa karena akan membersihkan saluran pencernaan Anda juga akan membantu orang-orang yang memandikan jenazah Anda.

4. Ubun-ubun Terasa Berdenyut

Tanda-tanda kematian ini juga terjadi setelah waktu ashar, kita akan merasakan denyutan dibagian ubun-ubun, ini menandakan kita sudah tak sempat lagi melihat waktu asar di keesokan harinya.

5. Merasakan Sejuk dibagian Pusar, kemudian Menjalar ke Pinggang hingga Menyentuh Tenggorokan

Ini merupakan tanda-tanda terakhir menjelang dekatnya kematian, pada masa ini hendaknya kita sering beristigfar memohon ampun pada Allah, dan sering-sering membaca syahadat. Menata hati, memfokuskan fikiran kita hanya kepada satu arah yaitu Allah. Pikiran harus tetap tenang dan dipusatkan pada Sang Pencipta.

Jika Anda sudah merasakan gejala-gejala nya sebaiknya Anda segera bertaubat dan meminta maaf kepada sanak saudara Anda ya guys. Namun yang pasti, kematian adalah peristiwa yang tidak bisa ditebak sampai saat ini. Semoga tulisan ini menambah wawasan serta iman Anda, terima kasih.