Kematian Misterius Elisa Lam

Apa sebenarnya yang terjadi dengan Elisa Lam? Kasus misterius yang mengakibatkan kematian aneh dan menakutkan tersebut banyak menimbulkan tanda tanya di kalangan masyarakat  umum. Tanpa adanya informasi yang pasti kita tidak akan pernah tahu sebab kematian sang mahasiswa ini.

Di zaman sekarang ini sudah hampir banyak kematian misterius yang terjadi. Namun kejadian yang menakutkan ini seperti sebuah film horor Hollywood. Keanehan tak terduga pada kematian Elisa Lam sampai sekarang belum terpecahkan.

Hilangnya Elisa Lam

ElisaLam_elevatorstill

Elisa Lam adalah seorang mahasiswa asal Kanada tepatnya di University of British Columbia berusia 21 tahun. Saat di Los Angeles, pada tanggal 26 Januari 2013 dia mengunjungi kebun binatang dan menulis tentang kota itu di blognya, disana dia menginap di Hotel Cecil. Setelah lima hari bertamasya, Elisa dijadwalkan untuk melanjutkan perjalanannya ke Santa Cruz. Pada tanggal 31 Januari 2013 saat akan check-out, orangtuanya tidak menerima panggilan telepon dari putri mereka. Disaat kondisi seperti ini mereka menghubungi pihak kepolosian L.A untuk laporan hilangnya Elisa Lam.

Polisi mulai mencari Elisa Lam di hotel dengan membawa anjing pelacak untuk mencium aroma Lam, tetapi tidak mencari keseluruh bangunan hotel karena tidak adanya kepastian apapun tentang adanya kejahatan yang telah dilakukan. Mereka tidak menemukan apapun.

Seminggu berlalu dengan tidak adanya informasi baru, pada 6 Februari 2013 kepolisian setempat memposting foto Elisa Lam di sekitar lingkungan, mendesak siapa saja yang mempunyai informasi apapun untuk melaporkan ke pihak berwajib. Pada 16 Februari 2013 kepolisian merilis CCTV dari hotel yang diambil pada 1 Februari 2013. Video yang menggambarkan Elisa di salah satu lift hotel sedang bertindak sangat aneh. Video ini menunjukkan dia mengintip-intip dan keluar dari lift, bersembunyi di sudut dan tak menentu menekan beberapa tombol dan menari-nari di luar lift, anehnya pintu lift tak kunjung tertutup. Dia kemudian keluar lift dan slide pintu yang terbuka tadi mendadak tertutup dan terbuka dengan sendirinya.

Hotel Cecil memiliki sejarah panjang mengenai tindakan kriminal seperti pembunuhan dan bunuh diri. Hilangnya mahasiswi muda ini dan perilaku yang membingungkan ditunjukkan di dalam video itu, sehingga melahirkan sejumlah spekulasi hilangnya Elisa Lam, dari keracunan obat, gangguan mental dan bahkan kesurupan roh jahat.

Penemuan Tubuh Elisa Lam

proses-evakuasi-elisa-lam-di-tangki-air-hotel_20161201_183216

Peristiwanya dimulai pada tanggal 19 Februari 2013 ketika para penghuni hotel Cecil di pusat kota Los Angeles mengajukan komplain kepada petugas hotel mengenai aliran air yang terlalu kecil. Mendengar komplain pengunjung, seorang petugas pemeliharaan hotel segera mengambil kunci pintu menuju atap hotel dimana tangki penampungan air berada. Setelah membuka tangki air, petugas hotel menemukan seorang mayat wanita dengan posisi telanjang bulat.

Penemuan tubuh itu membuat banyak spekulasi. Kepolisan memastikan mayat itu adalah tubuh dari Elisa Lam yang selama ini hilang. Pada tanggal 22 Februari 2013 pihak kepolisian menyelesaikan otopsi dan mengumumkan bahwa belum menemukan adanya bukti trauma atau pelecehan seksual, tidak ada jejak obat-obat terlarang dan ada bukti bahwa Elisa sudah mencoba bunuh diri.

Pengumuman selanjutnya akan dibeberkan kepada publik setelah menunggu hasil pemeriksaan toksilogi terlebih dahulu.
Penyelidikan berhenti, tetapi banyak pertanyaan penting yang tak terjawab dalam tragedi ini. Tangki air tempat ditemukannya mayat Elisa Lam itu bersandar pada blok semen tanpa akses yang mudah dan tangki ditemukan dalam keadaan tertutup. Akses ke atap itu sendiri terkunci dan hanya petugas hotel yang mempunyai kunci. Bagaimana Elisa berhasil ke sana, memasukkan diri ke tangki dan menutup tangki hanya seorang diri?

Pada tanggal 21 Juni 2013, seluruh pemeriksaan selesai dan pihak kepolisian mengumumkan bahwa kematian Elisa Lam akibat “Accidental Drowning” atau tenggelam karena kecelakaan. Pemeriksaan ini juga menemukan kalau Elisa Lam menderita penyakit Bipolar Disorder (Penyakit mental yang berhubungan dengan perubahan mood yang drastis naik dan turun) yang bisa jadi penyebab kecelakaan ini. Pihak kepolisian tidak mengatakan lebih lanjut.

Jadi tidak ada aksi kejahatan sempurna seperti yang diperkirakan banyak orang. Pengumuman kepolisian ini membuat keluarga Elisa Lam cukup kecewa karena tidak ada keterangan pasti bagaimana Elisa Lam bisa mengakses dan sampai ke tangki. Apakah pihak kepolisian benar-benar telah menyelesaikan kasus ini? Ataukah ada kemungkinan lain?

Sebelum kita bertanya-tanya dan menduga yang aneh-aneh, kita perlu menyadari satu hal. Kasus ini tidak akan bisa dipecahkan hanya dengan melihat beberapa foto dan rekaman serta membaca beberapa cuplikan berita. Bahkan di dalam film-film fiksi, para detektif brilian membutuhkan akses ke berbagai informasi untuk memecahkan suatu kasus kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *