Ini Dia 7 Tipe Rekan Kerja Yang Paling Menyebalkan, Kamu Yang Mana?

Banyak sikap atau kebiasaan buruk yang membuat seseorang jadi terasa amat menyebalkan, tidak menyenangkan untuk didekati, bahkan terlihat tak menarik, tak peduli bagaimana style penampilan luarnya. Dan uniknya sering sekali kita temui seseorang seperti itu di kantor tempat dimana kita bekerja. Bekerja bisa menjadi pleasure dan pressure, tergantung suasana kerja di dalamnya. Nah yang dimaksud faktor suasana kerja itu, salah satunya adalah perilaku rekan kerja. Bayangkan, kamu masuk ke sebuah lokasi kerja tanpa tahu nantinya kamu akan kerja sama siapa. Nah, hal ini tentunya sungguh memungkinkan kamu untuk bertemu dengan orang-orang yang menyebalkan. Berikut ini tipe-tipe orang yang menyebalkan di kantor tempat kamu bekerja. Coba dicermati, jangan-jangan tanpa sadar kamu juga merupakan salah satunya!

1. Si Caper (Cari Perhatian)

1-38-300x204

Rapat sedang berlangsung, kamu memiliki kabar gembira setelah berhasil mencapai targer kerja ataupun berhasil dalam proyek. Si caper mulai beraksi. Alih-alih memberikan selamat atau mengapresiasi keberhasilan kamu, ia justru mengalihkan perhatian dengan cerita keberhasilannya sendiri.

Coba biarkan saja si cari perhatian mengalihkan topik pembicaraan. Hadapi dengan tenang dan lanjutkan menceritakan kabar baik itu. Untuk membuatnya bungkam, sebaiknya pilih kata-kata yang tepat dan menjurus kepada nya. Umumkan keberhasilan kamu di depan tim dan saat jam makan berlangsung.

2. Si Beserakan Makannya dan Berisik Mengunyah

2-32-300x200

Ini merupakan tipe yang paling sering terjadi di kantor kamu bukan? Ketika semua karyawan istirahat pada jam makan, memutuskan untuk makan bersama di kantor dengan bontot ataupun nasi yang dibeli di warung. Tetapi coba perhatikan lah pasti ada salah satu dari mereka yang mempunyai tipe berisik mengunyah makan dan setelah makan, nasi nya beserakan. Ketika sedang makan cobalah sedikit memperhatikan etika dan cara makan dengan baik, sudah benar belum?

3. Si Sok Pintar

3-28-300x200

Sesuai dengan namanya, si sok pinter merupakan orang-orang yang merasa dirinya paling pintar. Ya pada dasarnya mungkin aja sih ia memang pintar beneran. Namun gak harus untuk sombong bukan? Masalahnya, kadang-kadang orang semacam ini beneran pengen nunjukkin kalo ia lebih pintar dari kamu dan rekan lainnya loh. Gimana cara ia nunjukin kalo ia lebih pintar dari kamu dan rekan-rekan? Contohnya dengan gak mau ngerjain kerjaan yang sama dengan kamu dan bakalan ‘ngoper’ kerjaan-kerjaan sepele ke kamu. Trus kamu dan rekan-rekan juga bakal denger ia banyak marah-marah atau ngeluh karena kerjaan nya gak sesuai yang ia mau. Sebel kan?

4. Si Pemalas

4-21-300x200

Jika rekan kerja kamu menunjukkan sikap pemalasnya, seperti datang telat ke kantor tapi pulang lebih awal, atau mengambil waktu makan siang lebih panjang, perilakunya hanya akan menyulitkan dirinya. Namun, sikap seperti ini juga berpengaruh pada kamu jika mulai terkait dengan kerja tim loh.

Jangan sampai sikap pemalasnya merusak rencana kerja Anda dan tim. Jika Anda berkolaborasi dengan si pemalas dalam satu tim kerja, minta kesepakatan mengenai keterlibatannya dalam kerja tim tanpa bersikap mengkritisi.

Saat kerja tim berlangsung, atur dan tuliskan dalam memo tentang aturan main kerja yang harus Anda kirimkan ke seluruh anggota tim juga atasan Anda. Dengan begitu semua pihak akan memantau kinerjanya, apakah ada deadline atau jadwal kerja yang terlewatkan olehnya, dengan begitu kedisplinan akan jadi prioritas utama kerja tim kamu.

5. Si Kambing Hitam

5-24-300x200

Eittss, bukan berarti rekan kerja kamu kambing loh! Ini merupakan perumpamaan bagi rekan kerja Anda yang selalu menuduh-nuduh kamu bahkan rekan lainnya. Perilaku ini menurut survey mendapatkan persentase sebanyak 17% karena dianggap sebagai salah satu sifat yang paling menjengkelkan untuk dilakukan di kantor. Biasanya orang yang memilki sifat ini menjadikan orang lain sebagai kambing hitam dan akan melimpahkan kesalahannya kepada orang lain sehingga ia tidak mau bertanggung jawab atas kesalahannya sendiri.

6. Si Sok Atasan

6-21-300x188

Nah yang satu ini yang paling nyebelin sih. Jabatannya mungkin sama kayak Anda, tapi kerjaannya nyuruh-nyuruh kamu ngerjain kerjaannya. Dan yang paling buat Anda kesal dia ini selalu merasa berada di atas Anda, selalu merasa sok benar, sok pintar dan kadang merasa seperti bos! Coba deh bayangkan bagaimana rasanya dianggap seperti anak buah padahal yang menganggap ‘jabatan’ nya sama dengan kita. Damn!

7. Si Pelit Rokok

7-14-300x166

Ini salah satu alasan Anda tidak menyukai rekan seperti ini, rekan kerja yang kadang bikin rese kadang bikin emosi. Skill yang dimiliki dan yang paling menonjol adalah cara ngeles dia, dikantongnya ada rokok tapi pas lagi ngumpul minta rokok, dikira kita gak liat apa? Kalau sudah minta rokok ga berenti berenti kaya kereta uap pass puss pass puss, tapi rokok dikantong gak dikeluarin. Kalau sekedar nyantap atau sekedar nyobain yaa gapapa lah sebatang atau 2 batang. Kalau gitu penghabisan masal namanya brother. Tapi ketika saatnya kita minta rokok ke dia pas lagi bokek dia nya malah pasang ilmu badan! Iya ini ilmu ketika seseorang tingkat kepelitan nya di atas rata-rata loh guys, pasti ada kan tipe seperti ini di kantor kamu? Banyak bersabar ajalah.

Nah itu dia tadi tipe-tipe rekan kerja yang menyebalkan guys, menurut kamu mana yang lebih menyebal kan? Jangan-jangan kamu salah satunya guys! Hehehe peace.