6 Manusia Terkaya Sepanjang Masa, Bill Gates Lewat

Menjadi kaya raya siapa yang gak mau? Ketika menebak nama ‘orang paling kaya’ di dunia, nama Bill Gates, Warren Buffet dan Mark Zuckerberg lah yang umumnya disebutkan. Di tahun 2016 Bill Gates kembali mencatatkan namanya sebagai orang terkaya sejagad raya dengan jumlah harta sekitar $ 75 miliar, atau kalau dikonversikan ke dalam Rupiah nilainya menjadi Rp 981.525.477.253.560 jumlahnya bahkan lebih besar dari APN negara-negara berkembang. Wow fantastis bukan? Upss, jika kita mengulas kembali orang terkaya di dunia sepanjang masa nama Bill Gates, Warren Buffet serta Mark Zuckenberg tidaklah ada apa-apanya dibanding orang-orang ini. Nah, daripada penasaran berikut beberapa manusia terkaya sepanjang masa.

1. John D. Rockefeller (USD 340 Milliar)

johnn-218x300

Nama Rockefeller telah tertulis dalam sejarah Amerika Serikat. Hidup sejaman dengan Andrew Carnegie, pada masa-masa keemasan Amerika Serikat, ia adalah direktur dari perusahaan minyak Standar Oil. Kala itu, hampir 90% minyak mentah AS dikuasainya.

Ia lahir pada 1839 di New York, lalu dari hasil kerja kerasnya ia menginvestasikan seluruh kekayaannya pada perusahaan Standar Oil pada 1863. Kekayaan Rockefeller diperkirakan mencapai 1,5 miliar dollar kala itu atau 340 miliar dollar pada 2016.

Saat masih hidup, orang terkaya ini dikenal dermawan, ia membangun dua universitas besar, yakni Universitas Chicago dan Universitas Rockefeller. Ia meninggal di usianya yang 97 tahun pada 1937.

2. Joseph Stallin (9,5% PDB dunia)

joseph-232x300

Diktator asal Uni Soviet, Joseph Stalin disebut-sebut sebagai salah satu pengendali perekonomian terbesar di dunia. Dia merupakan tokoh kontroversial dalam sejarah perekonomian modern. Joseph Stalin hidup sejak tahun 1878 hingga 1953. Dia memiliki kekuasaan mutlak yang juga menguasai salah satu ekonomi terbesar dunia. Oleh sebab itu, sangat sulit untuk memisahkan kekayaan Stalin dari kekayaan Uni Soviet. Ada kombinasi yang unik dari kekutan ekonomi dan kontrol penuh dari Uni Soviet untuk mencalonkannya sebagai salah satu orang terkaya sepanjang masa. Data dari OECD menunjukkan, pada tahun 1950, tiga tahun sebelum kematian Stalin, Uni Soviet menguasai sekitar 9,5 persen dari perekonomian dunia. Pada 2014, tingkat produksi seperti itu hampir setara dengan USD7,5 triliun. Woww!

3. Kaisar Akbar I (25% GDP dunia)

akbar1-300x225

Kaisar Akbar I yang berasal dari India disebut-sebut sebagai orang terkaya sepanjang masa. Kabarnya, kekaisarannya menguasai 25 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. Bahkan dari penelitian sejarawan, Angus Maddison, terungkap bahwa PDB India di bawah kepemimpinan Akbar I bisa disandingkan dengan kekayaan Inggris saat di bawah pemerintahan Ratu Elizabeth I, dengan gaya hidup para bangsawan di kerajaan Moghul yang lebih mewah dari masyarakat kaya Eropa kala itu.

4. Kaisar Shenzong (30 % GDP dunia)

shenzong

Dinasti Song tercatat sebagai dinasti dengan perekonomian terkuat sepanjang sejarah. Di bawah Kekaisaran Shenzong, dinasti Song mampu menguasai 25 hingga 30 persen perekonomian dunia selama 319 tahun atau pada tahun 960 hingga 1279.
Kala itu, kekayaan negara adalah kepunyaan kaisar, sehingga selama kaisar hidup, ia bebas menggunakan kekayaannya tersebut. Kemajuan di bidang ekonomi ini diperoleh dari gabungan inovasi teknologi dan kemampuan mengumpulkan pajak yang sangat mumpuni. Menurut Edwards, pemerintahan Song beberapa ratus tahun lebih maju dibanding pemerintahan Eropa masa itu.

5. Kaisar Augustus (30 % GDP dunia)

augustus-224x300

Di bawah kendali Augustus, Romawi sukses menjadi salah satu kerajaan paling sejahtera saat itu. Rakyat hidup berkecukupan bahkan bergelimang harta, apalagi dengan Augustus sendiri. Bahkan kekayaan sang kaisar Romawi ini ditaksir sangat banyak. Pada masanya kejayaannya (63SM – 14M), pemerintah Romawi menguasai 30% GDP perekonomian dunia. Dari hasil penelitian yang ada Augustus setidaknya memiliki harta yang kalau dikonversikan di masa sekarang jumlahnya sekitar $4,6 triliun. Jumlah itu kalau diubah ke Rupiah maka nilainya nggak karuan. Jumlah kekayaan yang fenomenal ini membuat Augustus menjadi orang nomor dua terkaya sepanjang masa setelah Mansa Musa.

6. Mansa Musa (Tak Terhitung)

we

Kerajaan Mali pada masa jayanya, terletak dari Samudera Atlantik di barat hingga Sungai Niger di timur. Sepanjang wilayah ini dianggap sebagai penyimpanan garam dan emas terbesar di dunia. Raja Mansa Musa berkuasa selama 1312 hingga 1337. Harga garam saat itu tidaklah seperti sekarang, garam dan emas kala itu merupakan benda termahal yang pernah ada. Soal kekayaan, hampir tak ada seorang sejarawan yang mampu menggambarkan bagaimana jumlah properti yang dimiliki Mansa Musa. Hal ini dikonfirmasi oleh Richard Smith seorang profesor sejarah di Ferrum College. Dia mengatakan bahwa jika Musa adalah orang terkaya sepanjang masa di mana tidak ada yang bisa menandingi kekayaannya sampai saat ini. Ada banyak kisah tentang Raja Islam ini dimana ceritanya berawal di sepanjang perjalanan beribadah haji Mansa Musa. Ia membagi-bagikan emasnya pada orang-orang miskin, dan di setiap hari Jumat, ia membangun sebuah mesjid di tempat yang ia singgahi. Diperkirakan hampir 200 ribu orang dan 40 ribu pengawal yang mengikuti rombongan Mansa Musa pergi haji. Dengan wibawa seperti ini, Mansa Musa menjadi salah satu Raja Shaleh dan paling terkenal sepanjang sejarah.

Demikian info diatas tentang manusia terkaya sepanjang masa, menurut kalian gimana guys? Bill Gates tidak ada apa-apanya bukan?