Sejarah Dan Asal-Usul Makanan Yang di Awali Dengan Kata “Bak”

Begitu banyak makanan dan jajanan kuliner yang ada Indonesia yang diawali dengan suku kata “bak”. Bakpao, Bakso, Bakwan, Bakpia, Bakmi dan mungkin masih ada lagi yang lain. Ironisnya, banyak di antara kita yang tidak mengerti arti sebetulnya atau asal kata dari makanan-makanan di atas. Bahkan, penjualnya sendiri tidak tahu.

Bak (肉 Ròu) dari kata Bakmi (肉拌面 Ròu bàn miàn) dan Bakso (肉丸 Ròu wán) sebetulnya berasal dari bahasa Hokkian (Hokkien, salah satu logat di Tiongkok), yang berati daging. Namun, seiring dengan kebiasaan orang Tiongkok yang lebih senang makan daging Babi daripada daging merah yang lainnya maka kata bak pun mengalami ‘spesialisasi’. Yaitu pergeseran makna dari umum ke khusus.

Jadi pada awalnya, arti dari Bakpao adalah daging babi yang dibungkus, karena pao berarti bungkusan. Sedangkan Bakso dan Bakmi mempunyai arti daging babi giling dan mi babi. Lalu Bakpia berarti kue berisi daging babi. Ketika makanan-makanan ini mulai berkembang di Indonesia yang mayoritas muslim dan mengharamkan konsumsi daging babi dan lalu mengganti isi dari makanan-makanan tersebut, mungkin sekali orang-orang Tionghoa merasa geli jika melihat ada plang Bakso Ayam, Bakso daging, atau Bakmi Ayam. Saat itu hal ini merupakan sebuah misnomer (penamaan yang salah). Mungkin yang lebih tepat saat itu adalah So Daging Sapi, Pao Kacang Hijau, Mie Ayam dan seterusnya.

Inilah fenomena bahasa. Dia luwes mengikuti perkembangan sosio-kultur di mana dia diadopsi dan dikembangkan. Toh, rasa-rasanya tidak ada etnis Tionghoa yang menyatakan keberatan karena pergeseran makna kata tersebut. Nah guys, sekarang kita akan bahas asal-usul makanan di atas untuk menambah wawasan kamu guys. So, cekidot!

1. Bakpao

1-8-237x300

Bakpao (Hanzi: 肉包, hanyu pinyin: roubao) merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Sejarah Bakpao sendiri berasal dari salah satu bagian kecil dari roman terbaik sepanjang masa, Sānguó Yǎnyì. Zhuge Liang (181 – 234) adalah salah satu ahli strategi militer terbaik China, juga sebagai perdana menteri, insinyur, ilmuwan, dan penemu legendaris bakpao.

Ia menemukan resep bakpao ketika bersama prajuritnya harus melewati sebuah sungai berbahaya. Masyarakat lokal menyarankannya untuk menyediakan kepala manusia sebagai upaya pengorbanan agar mereka dapat melewati sungai tersebut dengan selamat.

Zhuge Liang tidak setuju untuk membunuh tentaranya demi pengorbanan tersebut. Ia kmeudian memerintahkan tentaranya untuk memburu binatang dan membungkusnya dalam adonan tepung yang dibentuk serupa kepala manusia. Oleh karena ide mulia Zhuge Liang tersebut, resep bakpao ditemukan. Sejak saat itulah, resep bakpao juga mulai menjadi bagian dari masyarakat Tiongkok, yang seiring perjalanan waktu cukup dikenal di Indonesia.

2. Bakwan

2-4-300x225

Bakwan adalah makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu yang lazim ditemukan di Indonesia. Bakwan bisanya merujuk kepada gorengan sayur-sayuran yang biasa dijual oleh penjaja keliling gorengan. Kata bakwan sendiri berasal dari bahasa Mandarin “bak” yang berarti daging, dan “wan” yang berarti bulat. Konon, menurut cerita di zaman akhir dinasti Ming dan permulaan dinasti Qing di Tiongkok, hiduplah seorang anak laki-laki yang sangat berbakti pada orang tuanya.

Kehidupan mereka amatlah miskin, terlebih setelah sang ayah meninggal dunia. Sang ibu dengan susah payah membesarkan sendiri pria tersebut hingga menjadi seorang pemuda yang gagah dan rajin. Setelah dewasa, si pemuda ini mengambil alih segala beban pekerjaan yang selama ini dipikul oleh ibunya. Karena sifatnya yang menyayangi orangtuanya tersebut maka banyaklah wanita yang mencintainya dan akhirnya ia memilih satu wanita untuk dijadikan istri. Ibunya bahagia karena memperoleh menantu yang telaten melayani di hari tuanya.

Karena ibunya yang sudah tua maka selera makan sang ibu pun berkurang apalagi si ibu tidak bisa memakan daging yang keras-keras. Akhirnya sang anak dan menantu ber inisiatif membuat makanan yang bisa di lahap sang ibu hingga akhirnya tercipta lah makanan bakwan pertama kali tersebut.

3. Bakso

3-9-300x225

Kata bakso berasal dari kata Bak–So, dalam bahasa hokkien berarti daging babi giling. Karena mayoritas orang Indonesia adalah muslim maka bakso lebih umum di buat dari bahan halal seperti daging ayam, sapi ataupun ikan.

Pada awal abad ke -17 akhir Dinasti Ming di Fuzhou, Hidup seorang pria bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo sangat baik dan sangat berbakti kepada orang tuanya. Kebaikan dan bakti kepada ibunya sudah dikenal di lingkungannya. Suatu hari, ibunya yang sudah mulai tua sudah tidak dapat makan daging lagi, karena giginya sudah mulai tidak bisa makan sesuatu yang agak keras.

Meng Bo ingin sekali membantu ibunya yang sudah tua renta untuk dapat memakan daging lezat lagi. Lalu Sepanjang malam dia duduk sambil memikirkan bagaimana dapat mengolah daging yang dapat dimakan oleh ibu tercinta. Hingga suatu waktu, ia melihat seseorang tetangganya yang sedang menumbuk ketan untuk di jadikan kue mochi. Melihat hal tersebut, di dalam pikirannya timbul ide. Ia langsung pergi ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang digunakan untuk membuat kue mochi.

Setelah daging di rasa sudah empuk, Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan sangat mudah. Lalu ia rebus adonan tersebut sehingga tercium bau daging yang lezat.
Meng Bo lalu menyajikan bakso buatan dia sendiri untuk di berikan ke ibunya untuk di makan. Sang ibu pun merasa sangat senang karena tidak hanya bakso yang sangat lezat, tetapi juga sangat mudah untuk di makan karena tekstur dagingnya yang menjadi lembut.

Kisah Meng Bo yang menemukan resep bakso dan kisah anak yang berbakti untuk ibunya bersama segera dengan cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Sehingga banyak Warga yang datang untuk belajar membuat bakso lezat kepada Meng Bo.

Nah guys itulah tadi asal-usul dan sejarah makanan yang di awali dengan kata “bak”. Memang tidak banyak sih cerita-cerita yang beredar tentang asal-usulnya. Namun ada baiknya kita merasa bangga karena bakso termasuk 100 makanan terlezat di dunia loh guys! Semoga tulisan di atas bermanfaat ya guys, terima kasih.