5 Momen Terburuk Yang Sangat Memalukan Amerika

“Super Power Country”, begitulah negara ini disebut. Hal ini memang tidak mengherankan karena dominasi dan pengaruh Amerika Serikat di dunia ini sangatlah kuat. Amerika Serikat terletak di tengah-tengah benua Amerika Utara, dibatasi oleh Kanada di sebelah utara dan Meksiko di sebelah Selatan. Negara Amerika Serikat terbentang dari Samudra Atlantik di pesisir Timur hingga Samudra Pasifik di pesisir barat, termasuk kepulauan Hawaii di lautan Pasifik, negara bagian Alaska di ujung utara benua Amerika dan beberapa teritori lainnya.

Mereka menguasai hampir separuh tanah militer dengan jadi pemuncak, Amerika juga menguasai sistem keuangan dunia serta masih banyak lagi kehebatan negeri Paman Sam ini di mata dunia. Begitu hebat, begitu jumawa, Amerika seakan tidak memiliki lawan sepadan di dunia ini.

Meskipun sangat hebat, mereka tidaklah sesempurna yang kita pikir loh. Mirisnya, selama ini mereka terkesan ingin dunia melupakan itu, walaupun tentu saja peristiwa tersebut pasti takkan mudah untuk dilupakan. Berikut ini akan saya paparkan momen-momen paling memalukan dalam sejarah Amerika Serikat. Ini membuktikan bahwa Amerika bukanlah sesempurna yang kita pikirkan. Yuk di simak guys!

1. Invasi Teluk Babi

1-37-300x212

Invasi Teluk Babi adalah sebuah pendaratan yang direncanakan dan didanai oleh Amerika Serikat yang dilakukan oleh orang-orang Kuba di pembuangan di Kuba barat daya untuk menggulingkan pemerintahan Fidel Castro pada 1961. Peristiwa ini menandai tindakan anti Kuba oleh AS dan juga anti Castro.

Lebih dari seribu tentara gabungan Amerika dan oposisi Kuba mendarat di Teluk Babi. Namun, bagi pasukan Kuba hanya butuh waktu 3 hari untuk mengusir tentara Amerika dari negara nya. Kegagalan Amerika di Teluk Babi menyebabkan Krisis Misil Kuba pada tahun berikutnya, dan jumlah invasi menurun sebagai salah satu kegagalan terbesar dalam kebijakan luar negeri Amerika Serikat.

2. Tragedi My Lai

2-33-300x234

Rahasia kelam yang ditutup rapat-rapat oleh Amerika selama ini akhirnya terkuak juga. Jurnalis investigatif Seymour Hersh mengungkap salah satu aib paling memalukan dalam sejarah Amerika Serikat yaitu pembantaian My Lai.

Kejahatan perang itu terjadi pada tahun 16 Maret 1968. Kala itu, para serdadu Charlie Company (Kompi C), Brigade ke-11, menyerbu masuk ke My Lai. Mereka membunuh warga desa, meracuni air sumur, dan membakar rumah-rumah. Situasi bagai di neraka. Para pasukan Amerika membunuh ratusan jiwa dan tak pandang bulu. Orangtua, perempuan, anak-anak, bahkan bayi sekalipun. Sejumlah perempuan diperkosa sebelum dibunuuh. Dengan bayonet dan pisau mereka memotong telinga, leher, lidah dan menguliti kepala korban. Desa My Lai bagai desa di neraka saat itu.

Menurut korban yang selamat dari tragedi saat itu mengatakan para pasukan AS membabi buta mengahancurkan desa dan membunuh penduduk desa dengan cara yang sangat sadis.

3. Perang Vietnam

3-30-300x199

Amerika punya segalanya untuk menang dalam konflik-konflik yang melibatkannya. Intelijen cerdas seperti CIA, angkatan bersenjata elit seperti Navy Seal dan Delta Force, sampai deretan alutsista paling canggih dan mematikan. Meskipun sedemikian gila, namun mereka pernah mengalami kekalahan paling memalukan dalam sejarah.

Banyak pasukan dari Amerika yang tewas, terluka dan menjadi tahanan dari pasukan Vietnam. Selama 5 tahun pasukan dari Amerika yang terus menerus menelan kekalahan dan kehilangan banyak prajurit akhirnya menyerah. Dan pada 27-Februari-1973 dengan menyerahnya Amerika, maka di sepakatilah perjanjian damai.

Tak hanya berhasil menumbangkan banyak tentara Amerika, pasukan Vietnam juga mampu menyajikan kengerian luar biasa. Menurut rumor, veteran Amerika yang selamat di perang ini mengalami depresi hebat sampai sakit jiwa. Amerika berusaha menutup-nutupi kekalahan mereka di perang ini. Salah satunya lewat deretan film-film Hollywood-nya yang memperkuat kesan seolah di perang Vietnam merekalah yang menang. Sungguh memalukan!

4. Perang Irak

4-25-300x214

George Bush dianggap sebagai presiden terburuk Amerika dan termasuk pemimpin negara yang penuh kontroversi di dunia. Alasannya, Bush membuat negara ini berhutang banyak sekali gara-gara melakukan ekspansi militer yang pada akhirnya tidak berbuah apa pun kecuali hal yang memalukan. Ya, ini adalah tentang invasi Amerika ke Irak.

Pada awalnya, Amerika yakin jika negara ini memiliki senjata pemusnah massal. Agresi pun dilancarkan dengan wacana melindungi warga Amerika dan dunia atas senjata ini. Namun, dari awal sampai akhir peperangan, pasukan Amerika tidak benar-benar menemukan senjata pemusnah massal yang dimaksud.

Aksi yang didukung penuh oleh Inggris ini akhirnya menimbulkan kesan kalau Amerika hanyalah mengada-ada saja dengan tujuan khusus. Entah itu menguasai minyak-minyak Irak-Iran, atau dendam pribadi terhadap Saddam Hussein yang saat itu menjadi presiden Irak.

5. Tewasnya John F. Kennedy

5-21-300x173

John F. Kennedy tak pernah menyangka, Jumat 22 November 1963 pukul 12.30 waktu Dallas, Texas akan menjadi saat terakhirnya. Dari mobil kap terbuka yang membawanya, Presiden Amerika Serikat itu sibuk melambaikan tangannya, tersenyum lebar ke arah warga yang berkerumun menyambutnya. Sesekali ia mengelap keringat yang mengucur di dahi.

Lalu terjadilah tragedi itu. Tiga peluru menerjang tenggorokan dan kepala Kennedy. Yang pertama mengenai bagian tenggorokan. Dan dua lainnya bersarang tepat di kepala Kennedy. Entah bagaimana bisa seorang presiden sebuah negara hebat dibunuh seperti itu. Tragisnya lagi, ini terjadi di depan banyak sekali rakyatnya. Hal ini seolah mengesankan Amerika tak becus melindungi presidennya.

Inilah hal-hal memalukan yang pernah dilakukan Amerika dan mereka seolah berusaha membuat masyarakat dunia untuk melupakan ini. Semoga bermanfaat ya guys

5 Momen Terburuk Yang Sangat Memalukan Amerika

history |